SISTEM PENJUALAN SEPATU FUTSAL, KOSTUM DAN JAKET BOLA DENGAN MENGGUNAKAN VB.NET

Secara umum, jurnal ini sudah baik dan informatif. Jurnal ditulis secara bertahap mulai dari latar belakang pembuatan sistem, metodologi yang digunakan sampai pada tahap-tahap pembuatan sistem. Selain itu, disampaikan juga mengenai perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan. Namun demikian, ada beberapa hal yang menurut kelompok kami masih perlu di perbaiki dan ditambahkan. hal-hal yang akan kami bahas adalah mulai dari cara penulisan dan pemilihan kata/kalimat, serta isi dari tulisan tersebut.

A. Pembahasan mengenai cara penulisan kata/kalimat

1. Bagian Pendahuluan, pada paragraf pertama di tuliskan:

“Perkembangan komputer membantu memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan guna mendapatkan informasi yang lebih mudah dan dapat cepat dilakukan”

Kalimat tersebut dapat disederhanakan menjadi:

“Perkembangan komputer membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya guna mendapatkan informasi dengan lebih mudah dan cepat”

2. Bagian Perancangan dan Implementasi, pada paragraf pertama di tuliskan:

“Dalam pembuatan sistem penjualan sepatu futsal, kostum dan jaket bola ini menggunakan Visual Basic.NET dan MySQL”

Kata menggunakan yang di cetak tebal, seharusnya diganti dengan kata digunakan.

Atau kalimat tersebut dapat diganti dengan:

“Sistem penjualan sepatu futsal, kostum dan jaket bola dibuat menggunakan Visual Basic.NET dan MySQL”

B. Pembahasan isi jurnal

Pada bagian Tinjauan Pustaka, disebutkan bahwa pengertian dari aplikasi penjualan adalah sebuah program atau perangkat lunak yang menyediakan proses penjualan barang kepada konsumen. Akan tetapi berdasarkan fungsi dari aplikasi penjualan yang dibuat dapat diketahui bahwa aplikasi tersebut tidak hanya untuk proses penjualan saja, tetapi didalamnya terdapat juga proses yang lain, seperti pencatatan barang (barang masuk dan keluar), laporan penjualan serta laporan keuangan. Menurut kelompok kami dalam menyampaikan sebuah definisi suatu kata/kalimat harus dijelaskan secara detail, sehingga setiap orang yang membaca tulisan tersebut dapat mengerti dan paham mengenai apa yang dibahas, terutama jika pembaca adalah orang awam.

Pada tulisan tersebut tidak disebutkan secara jelas fitur-fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi. Sebaiknya diawal penulisan sudah dijelaskan fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh sistem tersebut.

Untuk Rancangan Output, terdiri dari Laporan Penjualan Barang dan Nota Pembelian. Menurut kelompok kami, masih ada laporan yang harus dimiliki oleh sistem, yaitu laporan persediaan barang. Laporan persediaan barang ini dibutuhkan untuk mengetahui jumlah barang yang tersedia sehingga dapat dilakukan antisipasi jika ada jenis barang yang sudah habis.

Selain itu, pada sistem ini perlu ditambahkan juga sebuah tabel untuk supplier. Tabel tersebut berisi mengenai data-data supplier yang menyuplai barang-barang ketoko terkait.

Leave a comment

Filed under Bahasa Indonesia I, Tugas Softskill

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s